Jumat, 12 September 2014

PKN BAB I IDELOGI



TUGAS PKN BAB I

                                                                 IDEOLOGI



                                                                       







 











                                                          


   FRALIAN ADITYA AGASTA(06)
GALANG ARIYANTO PUTRA (07)
RIEVA MADYNA I    (16)
YOHAN AHMAD K (29)
                                         
                                                                        XII IPA 6

                                                            SMA NEGERI 7 KEDIRI

                                                                        2014/2015









1.     Pengertian Ideologi

Ideologi adalah ide atau gagasan.Kata ideologi sendiri diciptakan oleh Antoine Destutt de Tracy pada akhir abad ke-18. Ideologi digerakkan oleh tekad untuk mengubah keadaan yang tidak diinginkan, menuju ke arah keadaan yang diinginkan. Sebagai cara memandang segala sesuatu secara umum (lihat Ideologi dalam kehidupan sehari hari) dan beberapa arah filosofis, atau sekelompok ide yang diajukan oleh kelas yang dominan pada seluruh anggota masyarakat. Tujuan untama di balik ideologi adalah untuk menawarkan perubahan melalui proses pemikiran normatif. Ideologi adalah sistem pemikiran abstrak (tidak hanya sekadar pembentukan ide) yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi inti politik. Secara implisit setiap pemikiran politik mengikuti sebuah ideologi walaupun tidak diletakkan sebagai sistem berpikir yang eksplisit



2.     Pengertian Idea dan Logos



Istilah ideologi berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari dua kata, yaitu idea dan logi, idea = memiliki cita cita / gagasan  sedangkan logi berasal dari kata logos yang berarti ilmu. Jadi, ideologi dapat diartikan hasil penemuan dalam pikiran yang berupa pengetahuan atau teori. Ideologi dapat juga diartikan suatu kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas, pendapat (kejadian) yang memberikan arah tujuan untuk kelangsungan hidup



3.     Macam - Macam Ideologi

Liberalisme

Faham ini mengajarkan kebebasan mutlak pada setiap individu.Kebebasan ini didasarkan keyakinan bahwa semua manusia pada dasarnya adalah baik.



Konservatisme



Ideologi ini mengajarkan tentang manusia yang harus selalu memelihara kondisi yang sudah ada serta menciptakan kestabilan. Hal ini didasarkan pada pemikiran bahwa tidak selamanya sebuah perubahan akan membawa kebaikan.



Komunisme



Ajaran ini dipelopori oleh negara Uni Soviet yang dikuasai Partai Bolshevik. Partai ini didirikan oleh Lenin. Dimana dalam ideologi ini semua manusia adalah sama serta tidak ada hak pribadi, mengingat semua faktor ekonomi dan produksi dikuasai oleh negara.



Marxisme



Ajaran ini dikemukakan oleh Karl Marx (1818-1883) dan Frederich Engel (1820-1895). Dalam ajarannya, mereka mengajarkan tentang dasar-dasar komunisme yang dikenal pada saat ini. Dalam konsep ini, ajaran yang mendominasi adalah pemikiran tentang konsep ekonomi dan materialisme.



Feminisme



                        Ideologi ini bertujuan untuk menciptakan persamaan hak antara pria dan wanita secara ekstrim. Cara yang ditempuh adalah dengan melakukan pemerataan dan kesederajatan dari setiap gender.



Sosialisme



Konsep sosialisme ini adalah menciptakan kebersamaan dan adanya kesetaraan pada setiap orang.Dalam ideologi ini diajarkan bahwa semua manusia harus saling membantu, karena manusia tidak bisa hidup sendiri.

Fasisme



Ajaran ini lahir di Italia dipelopori oleh Mousolinni.Dalam ideologi ini dikenal sebuah semboyan yang dipegang teguh, yaitu Crediere, Obediere, Combattere atau Yakinlah, Tunduklah, Berjuanglah.Dalam ideologi ini, peran negara demikian mutlak karena negara diyakini sangat diperlukan dalam upaya menciptakan tatanan kehidupan dalam masyarakat.



Demokrasi



Tujuan awal dari ideologi ini adalah untuk mengembalikan kekuasaan kepada masyarakat, dimana dalam sistem ini, terjadi keseimbangan peran negara hanya sebagai pelaksana administrasi pemerintahan.Sementara, kedaulatan sepenuhnya berada di tangan rakyat.



Neoliberalisme



Ideologi ini baru dikenal pada tahun 2000an. Inti dari aliran ini adalah untuk menciptakan kembali kebebasan individu yang dikaitkan dengan terjadinya pasar bebas di dunia internasional. Didalam ideologi ini tercipta kekuatan ekonomi yang menjadi tolok ukur kekuatan politik.



Pancasila



Ideologi Pancasila merupakan tatanan nilai yang digali (kristalisasi) dari nilai-nilai dasar budaya bangsa Indonesia.Kelima sila merupakan kesatuan yang bulat dan utuh sehingga pemahaman dan pengamalannya harus mencakup semua nilai yang terkandung didalamnya.





Zionisme

Gerakan nasional orang Yahudi dan budaya Yahudi yang mendukung terciptanya sebuah tanah airYahudi di wilayah yang didefinisikan sebagai Tanah Israel. Berbagai agamawan Zionisme mendukung orang-orang Yahudi menegakkan identitas Yahudi mereka, menentang asimilasi Yahudi ke dalam masyarakat lain dan telah menganjurkan Aliyah orang Yahudi ke Israel sebagai sarana bagi orang Yahudi menjadi mayoritas di negara mereka sendiri, dan harus dibebaskan dari diskriminasi antisemitisme, pengucilan, dan penganiayaan yang secara historis terjadi dalam kondisi mereka sebelumnya sebagai diaspora.

Hedonisme

adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia

Leninisme



Leninisme berasal dari kata Lenin. Vladimir Ilyic Ulyanov atau yang lebih dikenal dengan nama Lenin adalah murid Karl Marx. Ia adalah orang pertama yang menerapkan ideologi Marx dalam kehidupan. Pada akhir abad ke-19, paham ini dibawa Lenin dengan memainkan peran dan daya tarik pada kelompok kecil intelektual di Rusia.Berkat usahanya, Lenin berhasil mendirikan Partai Buruh Sosialis Demokrat Rusia pada tahun 1898 dalam kongres rahasia di Minsk.Pada kongres kedua (tahun 1903), partai pecah menjadi dua, yaitu Mensheviks (fraksi minoritas) dan Bolsheviks (fraksi mayoritas).Mensheviks menginginkan perpanjangan masa kehidupan kapitalisme di Rusia, sebelum sosialisme masuk.Sebaliknya, Bolsheviks menginginkan Revolusi Sosialis harus dipercepat dengan organisasi yang kuat, beranggotakan kaum revolusioner profesional. Pada 7 Oktober 1917, Lenin langsung memimpin revolusi kaum Bolsheviks dan berhasil meruntuhkan Tsar (pemimpin Rusia). Menurut Lenin, Revolusi Oktober adalah bagian dari revolusi dunia. Sejak saat itu, Rusia berubah menjadi Uni Soviet yang komunis, sekaligus pusat komunisme internasional.



Gaullisme



Gaullisme adalah ideologi politik prancis yang didasari pada pemikiran dan tindakan Charles de gaulle.Tema utama dari kebijakan luar negeri de gaulle adalah mengenai kemerdekaan nasional dengan beberapa konsekuensi praktisnya yaitu dalam beberapa hal oposisi terhadap organisasi internasional seperti NATO atau Komunitas Ekonomi Eropa



Luxemburgisme



Luxemburgisme (juga ditulis Luxembourgisme) adalah paham teori Marxis dankomunisme secara spesifik revolusioner berdasarkan tulisan -tulisan dari Rosa Luxemburg,Menurut MK Dziewanowski terjadi penyimpangan dari tradisional Leninisme, keterpengaruhandari Trotskyisme Bolshevik yang kemudian diadopsi oleh pengikutnya sendiri. Luxemburgismemerupakan upaya melakukan tafsir atas ajaran Marxisme yang berpengaruh terhadap revolusiRusia, Rosa Luxemburg temasuk pihak yang mengkritik ajaran politik dari Lenin dan Trotsky,dengan konsep "sentralisme demokratis" sebagai demokrasi.























4.            Pengelompokan Ideologi Berdasarkan Ideologi Terbuka maupun Tertutup

No
Ideologi Terbuka
Ideologi Terbuka
1
Pancasila
Marxisme
2
Liberalisme
Leninisme
3
Sosialisme
Fasisme
4
Feminisme
Komunisme
5
Demokratisme
Zionisme
6

Gaullisme
7

Luxenburgisme
8

Hedonisme





5.            Ciri – Ciri Ideologi Terbuka dan Ideolgi Tertutup

Ideologi Terbukaadalah ideologi yang nilainya tidak dimutlakkan, pemikiran terbuka. Ciri-cirinya sebagai berikut:

a.       Merupakan kekayaan rohani, budaya ,masyarakat.

b.      Tidak diciptakan oleh negara, tapi digali dari budaya masyarakat.

c.       Isinya tidak instan atau operasional sehingga tiap generasi boleh menafsirkannyasesuai zaman dan norma yang berlaku.

d.      Menginspirasi masyarakat untuk bertanggung jawab.

e.       Menghargai keanekaragaman atau pluralitas sehingga dapat diterima oleh berbagai.

Ideologi Tertutupadalah ideologi yang nilainya bersifat mutlak, pemikiran tertutup. Ciri-cirinya sebagai berikut:

a.       Cita-cita sebuah kelompok bukan cita – cita yang hidup di masyarakat.

b.      Dipaksakan kepada masyarakat.

c.       Bersifat totaliter menguasai semua bidang kehidupan masyarakat.

d.      Tidak ada keanekaragaman baik pandangan maupaun budaya,

e.       Rakyat dituntut memiliki kesetiaan total pada idiologi tersebut.

f.        Isi ideologi mutlak, kongkrit, nyata, keras dan total.





6.            Lima  Bukti Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka



Pancasila memenuhi syarat sebagai ideologi terbuka, yaitu :

1.      Pancasila adalah pandangan hidup yang berakar pada kesadaran masyarakat Indonesia.Nilai Pancasila bukan diambil dari bangsa di luar negeri, tapi dari kekayaan budayamasyarakat Indonesia.

2.      Isi Pancasila tidak langsung operasional, yaitu hanya berisi lima dasar yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan. Karena hanya berisi nilai dasar makaperlu penafsiran bukan pematokan nilai seperti yang terjadi dimasa orde baru denganbutir-butir Pancasila atau P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila).

3.      Pancasila menghargai kebebasan bukan memperkosa kebebasan hal ini tercermin dalam makna sila kemanusiaan yang adil dan beradab yang tidak saja mengakui kebebasan dankesederajatan manusia Indonesia tetapi semua bangsa di dunia.

4.      Pancasila bukan ideologi totaliter yang mengurus semua kehidupan masyarakat,melainkan Pancasila adalah ideologi politik, pedoman hidup masyarakat,bangsa dan Negara.

5.      Pancasila menghargai pluralitas yang tercermin salah satunya dalam perumusan Pancasilaitu sendiri khususnya pada sila Ketuahan YME, sila ini mencerminkan semua agama yangada di Indonesia



7.     Sepuluh Fungsi Pancasila



Fungsi Pancasila :

1.      Pancasila Sebagai Dasar Negara

Dasar negara merupakan alas atau fundamen yang menjadi pijakan dan mampu memberikan kekuatan kepada berdirinya sebuah negara.Negara Indonesia dibangun juga berdasarkan pada suatu landasan atau pijakan yaitu Pancasila.Pancasila, dalam fungsinya sebagai dasar negara, merupakan sumber kaidah hukum yang mengatur negara Republik Indonesia, termasuk di dalamnya seluruh unsur-unsurnya yakni pemerintah, wilayah dan rakyat.Pancasila dalam kedudukannya seperti inilah yang merupakan dasar pijakan penyelenggaraan negara dan seluruh kehidupan negara Republik Indonesia.

2.      Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia.

Ideoligi berasal dari kata “Idea” yang berarti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita – cita dan logos yang berarti ilmu jadi Ideologi dapat diartikan adalah Ilmu pengeertian – pengertian dasar.Dengan demikian Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dimana pada hakekatnya merupakan suatu hasil perenungan atau pemikiran Bangsa Indonesia. Pancasila di angkat atau di ambil dari nilai-nilai adat-istiadat yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia, dengan kata lain pancasila merupakan bahan yang di angkat dari pandangan hidup masyarakat Indonesia.

3.      Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia

yaitu yang dijadikan pedoman hidup bangsa Indonesia dalam mencapai kesejahteraan lahir dan batin dalam masyarakat yang heterogen (beraneka ragam).

4.      Pancasila sebagai Jiwa Bangsa Indonesia.

Menurut Von Savigny bahwa setiap bangsa punya jiwanya masing-masing yang disebut Volkgeist, artinya Jiwa Rakyat atau Jiwa Bangsa.Pancasila sebagai jiwa Bangsa lahir bersamaan dengan adanya Bangsa Indonesia yaitu pada jaman dahulu kala pada masa kejayaan nasional. Hal ini sesuai dengan apa yang telah dikemukakan oleh Prof. Mr. A.G. Pringgodigdo dalam tulisann beliau dalam Pancasila, yang menyatakan bahwa Pancasila itu sendiri telah ada sejak adanya Bangsa Indonesia.

5.      Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia

Pancasila lahir bersama dengan lahirnya bangsa Indonesia dan merupakan ciri khas bangsa Indonesia dalam sikap mental maupun tingkah lakunya sehingga dapat membedakan dengan bangsa lain.

6.      Pancasila sebagai Perjanjian Luhur

Pancasila telah disepakati secara nasional sebagai dasar negara tanggal 18 Agustus 1945 melalui sidang PPKI (Panitia Persiapan kemerdekaan Indonesia).

7.      Pancasila sebagai Sumber dari segala sumber tertib hokum

Bahwa segala peraturan perundang- undangan yang berlaku di Indonesia harus bersumberkan Pancasila atau tidak bertentangan dengan Pancasila.

8.      Pancasila sebagai Cita-cita dan tujuan yang akan dicapai bangsa Indonesia

Masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual yang berdasarkan Pancasila.

9.      Pancasila sebagai Falsafah Hidup yang Mempersatukan Bangsa Indonesia.

Pancasila merupakan sarana yang ampuh untuk mempersatukan Bangsa Indonesia. Karena Pancasila adalah palsafah hidup dan kepribadian Bangsa Indonesia yang mengandung nilai-nilai dan norma-norma yang oleh Bangsa Indonesia diyakini paling benar, adil, bijaksana dan tepat bagi Bangsa Indonesia untuk mempersatukan Rakyat Indonesia.





10.  Pancasila Sebagai Pandangan Hidup

Setiap manusia di dunia pasti mempunyai pandangan hidup.Pandangan hidup adalah suatu wawasan menyeluruh terhadap kehidupan yang terdiri dari kesatuan rangkaian nilai-nilai luhur.Pandangan hidup berfungsi sebagai pedoman untuk mengatur hubungan manusia dengan sesama, lingkungan dan mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya.





8.     Jelaskan Pancasila Krama


a.       Tidak boleh mencuri

b.      Tidak boleh melakukan kekerasan

c.       Tidak boleh berjiwa dengki

d.      Tidak boleh berbohong

e.       Tidak boleh mabuk minuman keras









9.     Sejarah Singkat Perumusan Pancasila

                                 i.            Awal Sejarah

Pada saat akhir perang dunia ke -2, Negara Jepang mengalami kekalahan dari Sekutu dan sudah tidak bisa lagi menahan atau melawan serangan dari Sekutu, oleh karena itu, Negara Jepang menjanjikan kemerdekaan untuk Negara Indonesia, namun harus bersedia membantu Negara Jepang dalam melawan Sekutu.

                               ii.            Pembentukan BPUPKI

Tanggal 1 Maret 1945, ‘Kumakici Harada’ mengumumkan dibentuknya BPUPKI (DOKURITSU ZYUNBI TYOSHAKAI).Pada tanggal 29 April 1945 anggota BPUPKI dipilih.Anggota BPUPKI beranggotakan 63 orang, dengan ketua Dr. Rajiman Wedyiningrat dan wakil ketua Icibangase dari Negara Jepang dan sekretarisnya, R.P. Soeroso.Anggota BPUPKI setelah itu ditambahkan 7 orang. Anggota BPUPKI resmi diumukan pada tanggal 28 Mei 1945 dan upacaranya dilaksanakan di Gedung Cuo Sangi In di Pejambon Jakarta.

a.       Sidang pertama BPUPKI:

Sidang pertama Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dimulai pada tanggal 29 Mei 1945 sampai 1 Juni 1945.Dalam persidangan BPUPKI mereka membahas tentang dasar-dasar Negara agar bangsa Indonesia merdeka, berbagai pendapat telah dikemukakan, salah satunya yang menyampaikan pendapat itu adalah Mr. Mohammad Yamin, Mr. Supomo dan Ir. Soekarno.

b.      Pendapat-pendapat yang disampaikan:

·         Prof. Moh. Yamin SH. (29 Mei 1945), secara lisan:

1.      Peri Kebangsaan

2.      Peri Kemanusiaan

3.      Peri Ketuhanan

4.      Peri Kerakyatan

5.      Kesejahteraan Rakyat

Secara tulisan:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Kebangsaan Persatuan Indonesia

3. Rasa Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab

4. Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusayawaratan/Perwakilan

5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

·         Prof. Mr. Dr. Supomo SH. (31 Mei 1945)

1.      Paham Negara Kesatuan

2.      Perhubungan Negara Dengan Agama

3.      Sistem Badan Permusyawaratan

4.      Sosialisasi Negara

5.      Hubungan Antarbangsa

·         Ir. Sukarno ( 1 Juni 1945 )

1.      Kebangsaan Indonesia

2.      Internasionalisme atau Peri Kemanusiaan

3.      Mufakat atau Demokrasi

4.      Kesejahteraan Sosial

5.      Ketuhanan yang Berkebudayaan

Kelima pendapat ini diberinya nama ‘Pancasila’, maka tanggal 1 Juni 1945 ini diperingati sebagai hari lahirnya pancasila.

c.       Akhir Sidang Pertama

Setelah berakhirnya sidang pertama BPUPKI, mereka belum juga menetapkan dasar Negara Indonesia merdeka, maka BPUPKI membentuk suatu panitia yang disebut sebagai Panitia Sembilan yang beranggotakan 9 orang yaitu; Ir. Sukarno (ketua), Abdulkahar Muzakir, Drs. Moh. Hatta, K.H. Abdul Wachid Hasyim, Mr. Moh. Yamin, H. Agus Salim, Ahmad Subarjo, Abikusno Cokrosuryo, dan A. A. Maramis. Pada akhirnya, panitia sembilan berhasil merumuskan pancasila pada tanggal 22 Juni 1945 dan diberi nama Jakarta Charter atau Piagam Jakarta oleh Prof. Moh. Yamin SH.

d.      Sidang Kedua BPUPKI

Pada tanggal 10-17 Juli 1945, BPUPKI melakukan sidang keduanya untuk membahas rancangan UUD, maka dibentuklah panitia perancang UUD yang diketuai oleh Ir. Sukarno. Setelah hasilnya sudah disempurnakan, Ir. Sukarno menyampaikan hasil rancangan UUD nya di sidang BPUPKI pada tanggal 14 Juli 1945 yang berisikan 3 hal pokok yaitu, pernyataan Indonesia merdeka, pembukaan undang-undang dasar, dan undang-undang dasar (batang tubuh). Pada tanggal 15-16 Juli 1945 diadakan kembali sidang untuk menyusun undang-undang dasar, kemudian pada tanggal 17 Juli 1945 dilaporkanlah hasil kerja penyusunan undang- undang dasar dan akhirnya laporan tersebut diterima sidang pleno BPUPKI.

                             iii.            Pembentukan PPKI

Pada tanggal 7 Agustus 1945, BPUPKI dibubarkan oleh Jepang.Kemudian Jepang membentuk PPKI (DOKURITSU ZYUNBI IINKAI) oleh Jendral Terauchi untuk melanjutkan hasil kerja BPUPKI.PPKI dibentuk dengan beranggotakan 21 orang yang setelah itu ditambahkan 6 orang anggota lagi dan diketuai oleh Ir. Sukarno.Tugas PPKI pada awalnya adalah untuk mempersiapkan kemerdekaan yang telah dijanjikan Jepang pada tanggal 24 Agustus 1945.

a.       Sidang Pertama PPKI

Agar tidak terkesan bahwa PPKI adakah bentukan Jepang, maka Ir. Soekarno menambahkan 6 anggota baru yang membuat PPKI beranggotakan 27 orang. Sidang PPKI yang pertama diadakan pada tanggal 18 Agustus 1945 yang membahas tentang penetapan konstitusi Negara, yaitu presiden, wakil presiden dan lembaga-lembaga yang akan membantu presiden. Namun, sebelum sidang dimulai, Bung Hatta dan beberapa tokoh Islam mengadakan pembahasan untuk mencari penyelesaian masalah kalimat ”Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk- pemeluknya” yang terdapat dalam Jakarta Charter. Hal ini dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Hasil Sidang Pertama PPKI:

1.      Menetapkan dan mengesahkan pembukaan UUD 1945

2.      Memilih presiden dan wakil presiden (Sukarno dan Moh. Hatta)

3.      Membentuk Komite Nasional Indonesia sebagai badan musyawarah darurat.



b.      Sistematika UUD 1945

1.      Pembukaan UUD 1945 terdiri atas 4 alinea. Pada Alenia ke-4 UUD 1945 tercantum Pancasila sebagai dasar negara yang berbunyi sebagai berikut: Pancasila • Ketuhanan Yang Maha Esa. • Kemanusiaan yang adil dan beradab. • Persatuan Indonesia. • Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. • Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

2.      Batang tubuh UUD 1945 terdiri atas 16 bab, 37 pasal, 4 pasal aturan peralihan, dan 2 ayat aturan tambahan 3. Penjelasan UUD 1945 terdiri atas penjelasan umum dan penjelasan pasal demi pasal.



10.Ekasila dan Trisila

a.       Ekasila: Gotong royong

Gotong royong, perikehidupan hidup tolong menolong dalam tradisi masyarakat Indonesia tidak hanya merupakan wujud keterikatan sosial antar satu dengan yang lain tapi lebih dari itu memiliki makna religius spiritual yang dipandang sakral.

b.      Trisila:

1.      Socio-nationalisme, adalah “nasionalisme kemasyarakatan” nasionalisme yang mencari selamatnya seluruh masyarakat dan bertindak menurut wet-wet nya masyarakat.

2.      Socio-demokratie,badalah timbul karena sosio-nasionalisme. Sosio-demokrasi adalah pola demokrasi yang berdiri dengan dua-dua kakinya di dalam masyarakat. Sosio-demokrasi tidak ingin mengabdi kepentingan sesuatu gundukan kecil saja, tetapi kepentingan masyarakat. Sosio-demokrasi bukanlah demokrasi ala Netherland, ala jerman, dan lain-lain, tetapi ia adalah demokrasi sejati yang mencari keberesan politik dan ekonomi, keberesan negeri, dan keberesan rejeki.

3.      ke-Tuhanan



 SOAL-SOAL BAB I

1. Ideologi pada hakekatnya adalah suatu pengetahuan mengenai cara menyembunyikan kepentingan, mendapatkan serta mempertahankan kekuasaan dengan mempertahankan konsepsi-konsepsi keagamaan dan tipu daya. Pengertian ideology menurut….

A.Nicollo Machiavelli

B.Antoine destut de Tracy

C.Karl Marx

D.Lois Althusser

E.Ernest Renan

2. Ideologi adalah kesadaran palsu. Pengertian tersebut adalah menurut….

A.Nicollo Machiavelli

B.Antoine destut de Tracy

C.Karl Marx

D.Lois Althusser

E.Ernest renan

3. Kualitas yang dapat menentukan kemampuan ideologi dalam memberikan harapan kepada kelompok atau golongan yang ada dalam masyarakat dalam taraf hidup dan kesejahteraannya disebut…

A.Realita

B.Idealisme

C.Fleksibelitas

D.Ideologis

E.Normativitas

4. Pokok persoalan yang dubahas dalam masa siding pertama BPUPKI, adalah…

A.Dasar Negara

B.Bentuk Negara

Rancangan hokum dasar

Wilayah Negara

Hubungan Negara dengan agama

5.Yang bukan prinsip Dasar Negara yang diusulkan oleh Ir. Soekarno adalah…

Nasionalisme

Kekeluargaan

Internasionalisme

Demokrasi

Kesejahteraan sosial

6.Piagam Jakarta disusun oleh wakil golongan kebangsaan dan islam yang tergabung dalam…

Panitia Delapan

Panitia Sembilan

Panitia dasar Negara

Panitia perancang UUD 1945

Panitia Pancasila

7.Pokok persoalan utama yang dibahas dalam siding kedua BPUPKI adalah…

Dasar Negara

Bentuk pemerintahan

Rancangan hukum dasar

Kepala Negara

Sistem pemerintahan

8.Lembaga Negara yang secara resmi menerapkan pancasila sebagai dasar Negara adalah…

BPUPKI

PPKI

MPR

KNIP

MA

9.Anggapan-anggapan dasar yang membentuk suatu keyakinan disebut…

Nilai dasar

Nilai instrumental

Paradigma

Nilai praksis

Nilai operasional

10.Yang merupakan cirri dari ideologi tertutup adalah…

Merupakan kekayaan rohani masyarakat

Nilai tidak diciptakan oleh Negara

Menghargai pluralitas di masyarakat

Isinya tidak langsung operasional

Masyarakat dituntut memiliki kesetiaan secara totalitas



11. Ideologi berasal dari kata “ideos” dari bahasa ...
a. yunani

b. perancis

c. itali

d. inggris

e. roma



12. Dibawah ini termasuk peranan ideologi, keculai...
a. sebagai jawaban atas kebutuhan akan citra atau jati diri suatu kelompok sosial, komunitas, organisasi atau bangsa

b. menjembatani antara founding father dan para generasi penerus

c. menanamkan keyakinan akan kebenaran perjuangan kelompok yang berpegang pada ideologi tersebut

d. suatu keuakinan para pendiri yang menguasai, mempengaruhi seluruh kegiatan sosial

e. mangajarkan keyakinan bahwa manusia akan hidup lagi setelah mengalami kematian dalam bentuk rengkarnasi



13. Pancasila sebagai ideologi terbuka mengandung makna bahwa...
a. nilai-nilai dasar pancasila tidak dapat dirubah oleh sipapun

b. nilai-nilai dasar pancasila itu dapat dikembangkan susuai dengan dinamika kihidupan bangsa indonesia dan tuntutan perkembangan jaman

c. nilai-nilai dasar pancasila harus menjadi pegangan para pejabat negara

d. nilai-nilai dasar pancasila dapat di tafsirkan sebagi hukum tuhan

e. nilai-nilai dasar pancasila hanya merupakan slelogan belaka



14. Pacasila manjadi sumber dari segala sumber hukum di indonesia. Hal ini pancasila sebagai...
a. ideologi negara

b. dasar negara RI

c. pandangan hidup bangsa

d. tujuan bangsa indonesia

e. filsafat bangsa indonesia



15. Dibawah ini termasuk nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila pancasila, kecuali...
a. nilai ideologi

b. nilai politik

c. nilai ekonomi

d. nilai sosial dan kebudayaan

e. adu domba dan pemecah bangsa



16. ... dijadikan paradikma dalam malaksanaakan pembangunan nasional, yaitu sebagi landasan, acuan, metode, nilai, dan sekaligus tujuan.
a. pambukaan UUD 1945

b. UUD 1945

c. pancasila

d. piagam jakarta

e. supersemar



17. Makna Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah ideologi yang…
a. tidak dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman

b. dapat berinteraksi dengan perkembangan zaman

c. mengandung semangat kekeluargaan

d. mengandung adanya semangat kerjasama

e. menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan



18. Dalam hal menyaring budaya asing maka kedudukan Pancasila berfungsi sebagai…
a. perjanjian luhur bangsa

b. dasar negara Indonesia

c. etika hidup bangsa

d. filsafat hidup bangsa

e. jiwa dan kepribadian bangsa



19. Pancasila dilaksanakan secara objektif, artinya…
a. pancasila digunakan sebagai pendomman perilaku sehari-hari

b. pancasila digunakan sebagai asas tunggal partai politk

c. pancasila digunakan sebagai sumber hukum negara

d. pancasila digunakan sebagai dasar hukum penyelenggarakaan bangsa

e. pancasila digunakan sebagai filter masuknya budaya global



20. Pancasila memuat nilai-nilai dan cita-cita yang bersifat mendasar dan tidak langsung bersifat operasional karena Pancasila sebagai…
a. ideologi nasional

b. ideologi pembangunan

c. ideologi terbuka

d. ideologi masa depan

e. pedoman seluruh umat manusia


21. Nilai-nilai yang terkandung dalam demokrasi Pancasila adalah sebagai berikut, kecuali…
a. mengakui perbedaan pendapat

b. menjunjung nilai persatuan dan kesatuan

c. mengutamakan musyawarah untuk mufakat

d. memberikan kebebasan individu demi tegaknya HAM

e. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan



22. Salah satu cara untuk mempertahankan Pancasila dan UUD 1945 pada awal pemerintahan Orde Baru adalah...
a. melaksanakan penataran P4 bagi semua instansi baik sipil maupun TNI

b. memasyarakatkan nilai-nilai leluhur Pancasila bagi seluruh lapisan masyarakat melalui P4

c. meningkatkan fungsi pengawasan pada lembaga DPR terhadap pelaksanaan pemerintahan

d. melaksanakan pemilu secara tepat dan terarah sebagai wujud pengamalan demokrasi

e. melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen



23. Manfaat suatu negara memiliki ideologi negara adalah…
a. agar tidak terpengaruh negara lain

b. agar menjadi negara yang baik

c. agar dapat bersaing dengan negara lain

d. agar dapat tercipta masyarakat adil dan makmur

e. agar dapat mengantar bangsa dan negara mencapat cita-citanya



24. Suatu negara tidak akan mampu berdiri kokoh bahkan mudah terombang-ambing oleh berbagai tantangan dan persoalan kehidupan berbangsa, bernegara apabila….
a. tidak memiliki ideologi

b. memiliki sejarah pahit

c. tidak memiliki pengetahuan tentang ketatanegaraan

d. memiliki tujuan sama dengan bangsa lain

e. negara tersebut makmur



25. Salah satu unsur yang utama dari kepribadian bangsa Indonesia adalah….
a. percaya dan takwa kepada tuhan yang maha esa

b. bersikap ramah tamah kepada b angsa lain

c. selalu sabar dalam melakukan perjuangan

d. pantang menyerah kepada semua lawan

e. bekerja tanpa pamrih untuk kepentingan bangsa

26. Landasan moral kehidupan berbangsa dan bernegara bagi bangsa indonesia adalah…
a. yakin akan kebenaran tujuan dan cita-cita nasional

b. berjuang dan rela berkorban untuk bangsa dan negara

c. tekad untuk melaksanakan pembangunan nasional

d. percaya dan takwa kepada tuhan yang maha esa

e. mengakui keberadaan semua agama yang ada



27. Pancasila dalam kedudukannya sebangai pandangan hidup bangsa Indonesia berarti pancasila merupakan…
a. dasar negara mengatur pemerintahan negara

b. pegangan dan pedoman hidup bangsa indonesia

c. gambaran sikap dan perilaku manusia indonesia

d. perjanjian luhur bangsa indonesia

e. cita-cita dan tujuan hidup bangsa



28. Pancasila sebagai kristalisasi nilai-nilai budaya bangsa yang mulai tumbuh dan berkembang serta terbina sejak lama, dalam kaitannya dengan UUD 1945 berkedudukan sebagai….
a. padangan hidup bangsa

b. kepribadian bangsa

c. tujuan bangsa

d. UUD 1945

e. budaya bangsa



29. Upaya pemerintah dalam meningkatkan pengamalan Pancasila untuk memantapkan persatuan bangsa adalah….
a. menetapkan pancasila sebagai satu-satunya asas

b. melafalkan pancasila dalam setiap pertemuan resmi

c. menyusun rpjmn setiap lima tahun sekali

d. melaksanakan pembangunan nasional yang menyeluruh dan terpadu

e. menjadikan pancasila sebagai kepribadian bangsa indonesia



30. Bangsa Indonesia bangga memiliki ideologi Pancasila dengan alasan….
a. dapat mempersatukan bangsa indonesia yang majemuk

b. mampu menyelesaikan segala masalah di tanah air

c. setiap rencana perebutan kekuasaan dapat di gagalkan

d. karena dirumuskan oleh pemimpin-pemimpin bangsa sendiri

e. sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhan masyarakat



31. Ciri orang yang bermoral Pancasila ialah….
a. segala tindakannya mendapat pujian dari masyarakat

b. perbuatannya selalu menguntungkan orang banyak

c. mengutamakan masyarakat daripada diri sendiri

d. berhati-hati dalam setiap mengambil setiap keputusan

e. segala masalah diselesaikan melalui musyawarah





32. Nilai-nilai pancasila dapat bersifat imperative apabila kedudukan sebagai…
a. pandangan hidup

b. jiwa dan kepribadian bangsa

c. dasar negara

d. tujuan yang hendak dicapai

e. perjanjian luhur



33. Fungsi pancasila dalam hubungan dengan pengaruh budaya asing dan iptek adalah…
a. sebagai pandangan hidup

b. sebagai penyaring/filter

c. merupakan pedoman hidup

d. sebagai pangkal budaya

e. merupakan landasan berpijak



34. Contoh tindakan yang bijaksana sesuai dengan Pancasila dalam kehiudpan masyarakat adalah…

a. bermusyawarah dengan pertimbangan baik buruk

b. mempertimbangankan pendalapat orang yang lebih tua

c. menerima bahwa perbendaan pendapat memang ada

d. hasil keputusan diambil secara musyawarah mufakat

e. usul dan pendapat orang lain perlu di pertimbangkan



35. Pancasila merupakan sarana yang ampuh dalam mempersatukan bangsa Indonesia karena kekedukannya sebagai…
a. jiwa dan kepribadian bangsa

b. perjanjian luhur bangsa

c. format ketahanan bnagsa

d. pedoman hidup bangsa

e. falsafah hidup bangsa



36. Pancasila sering disebut sebagai way of life, weltanschauung, ini berarti pancasila berfungsi sebagai….
a. dasar negara indonesia

b. ideologi negara

c. falsafah hidup bangsa indonesia

d. pandangan hidup bangsa indonesia

e. jiwa bangsa Indonesia

37. Manakah yang tidak termasuk ciri-ciri ideologi terbuka?
a. merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat

b. berupa nilai-nilai dan cita-cita yang berasal dari dalam masyarakat sendiri

c. hasil musyawarah dan konsensus masyarakat

d. bersifat dinamis dan reformis

e. Bukan merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat







38. Pada tanggal berapa sidang pertama BPUPKI?
a. 29 Mei 1945

b. 10 Juli 1945

c. 11 Juli 1945

d. 7 Agustus 1945

e. 14 Agustus 1945

39. Ada berapa anggota PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945?
a. 20

b. 30

c. 27

d. 37

e. 50

40. Yang tidak termasuk ideologi tertutup adalah...
a. ideologi Fasisme

b. ideologi Marxisme-leninisme

c. ideologi Pancasila

d. ideologi liberalisme

e. Ideologi Komunisme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar